Pulau Kumala Tenggarong

Posted by Suliwanto On 01.00

Jika di Ibukota Jakarta ada Dunia Fantasi, maka di Kota Tenggarong Kab. Kutai Kartanegara punya Pulau Kumala sebagai tempat rekreasi utama masyarakat Kukar bahkan masyarakat Kalimantan Timur. Perbedaannya adalah Dufan berada di bibir pantai ,

sementara taman rekreasi Pulau Kumala terletak di tengah sungai Mahakam. Kabupaten Kutai Kartanegara muncul tidak hanya sebagai Kabuten memiliki kekayaan bahan tambang, tapi lebih dari itu Kukar juga merupakan potensi pariwisata yang cukup untuk mengembangkan investasi. Salah satunya adalah wisata Pulau Kumala.

Taman Rekreasi Pulau Kumala yang sekarang dikelola oleh pihak ketiga yaitu PT EL John Tirta Emas Wisata dilakukan secara profesional, ini terlihat dengan penataan lokasi atau wisata kendaraan yang sangat apik .Dibangun sejak tahun 2002 yg dulunya di bangun oleh pemerintah daerah, Pulau Kumala sampai saat ini telah berkembang pesat menjadi sebuah taman rekreasi yang merupakan tujuan utama bagi masyarakat Kalimantan Timur, termasuk sebuah resort dengan harga yang relatif terjangkau. Taman Rekreasi Pulau Kumala relatif mudah dijangkau.

Lokasi Pulau Kumala begitu dekat dengan pemerintah pusat Kabupaten Kukar, Tenggarong. Transportasi ke pulau Kumalapun sangat mudah, Anda dapat menggunakan perahu motor atau orang sini menyebutnya dengan ces atau ketinting hanya membutuhkan waktu sekitar dua menit dari pelabuhan, andaipun anda takut naik perahu, disini ada kereta gantung yang bisa anda gunakan untuk menyeberang kepulau tersebut.
Pulau Kumala merupakan sebuah pulau yang kosong yang terapung di Sungai Mahakam . Pada tahun 2002 Pemkab Kukar melakukan reklamasi dan selanjutnya membangun Pulau Kumala menjadi sebuah taman rekreasi plus resort dengan tambahan kereta gantung.

Untuk memasuki area Taman Rekreasi Kumala Anda hanya perlu membayar Rp. 20.000,- untuk satu kali masuk, sedangkan untuk jenis permainan yang ada di taman rekreasi bervariasi antara Rp. 10.000 s/d Rp. 15.000,- untuk satu bermain.

Ada sekitar sepuluh permainan yang berarti Anda bisa menikmati, seperti Dunia Fantasi, Taman Rekreasi Pulau Kumala pun menyediakan game-play tidak jauh berbeda, seperti clotser jet, Bombom Car, Komedi Putar, Sky Tower dan bahkan kereta gantung serta Gocart.

Untuk hobi berkeliling, Taman Pulau Kumala menyediakan kereta mini rekreasi yang akan membawa Anda berkeliling untuk menikmati pulau yang indah dengan luas 81,7 hektar dilalui selama 45 menit. Taman rekreasi Pulau Kumala juga menyediakan arena untuk hobi memancing Anda untuk duduk sambil menunggu berbagai spesies ikan Anda serta kandang burung raksasa bagi yang hobby dengan satwa terbang ini.


Bagi Anda yang menyukai wisata sejarah, tepat di depan taman wisata Pulau Kumala terdapat Museum Mulawarman yang menyimpan sisa Kerajaan Kutai, selain itru ke kompleks museum di daerah tersebut terdapat kios-kios yang menjual berbagai macam cindera mata khas Kutai dan cindera khas Kalimantan Timur.

Sumber : http://www.majalahterbaru.com


Artikel Terkait:

Site search

    My Book Collection

    Link Exchange

    Copy kode di bawah masukan di blog anda, saya akan segera linkback kembali javascript:void(0) Suliswanto
    Flag Counter

    Follow This Blog

    Total Penayangan