DBR ; Dibawah Bendera Revolusi

Posted by Suliwanto On 08.52

Ketika menyebut judul di atas, perhatian kita sudah pasti langsung tertuju pada sosok salah satu Proklamator Indonesia, Ir. Soekarno. Di Bawah Bendera Revolusi adalah buku semi biografi beliau yang berisi tentang kisah hidup dari masa kecil, remaja sampai menjabat sebagai Presiden pertama RI. Buku tersebut juga berisi pemikiran-pemikiran Soekarno, menentang sisa-sisa Imperialisme barat yang masih begitu dekat dalam kehidupan bangsa  setelah dijajah oleh asing selama lebih dari 300 tahun lamanya.

Khasanah ilmu yang sesungguhnya dan sebenarnya sarat oleh pelajaran yang sangat berguna untuk menumbuhkan kembali rasa nasionalisme bangsa Indonesia yang notabene, sangat dipertanyakan belakangan ini.

Pandangan dan pemikiran Soekarno sangat terpengaruh oleh paham Marxisme, terdorong rasa keprihatinannya akan nasib sebagian besar rakyat Indonesia yang adalah kaum proletar dan buruh jajahan asing dan kaum kapitalis. Dalam perjalanannya, banyak lagi pengaruh-pengaruh paham Sosialis dan Komunis (Komunis sebagaimana dikatakannya dalam buku DBR (Di Bawah Bendera Revolusi) merujuk pada Komunis Sosialis yang anti Borjuis), berbuah menjadi paham Marhaenisme yang  memegang dua prinsip, yaitu sosio demokrasi dan sosio nasionalisme. Marhaenisme sendiri di ambil dari nama Marhaen, seorang petani yang dijumpainya saat berada di Bandung.

Buku ini, jika boleh diibaratkan adalah pegangan untuk rakyat Indonesia yang benar-benar ingin membangun sebuah Negara yang mempunyai jati diri. sebagai pengingat bahwa berjuang itu tidak hanya ketika perang saja.

Di Bawah Bendera Revolusi di terbitkan pertama kali pada tahun 1959, dan mengalami beberapa kali cetak di kisaran tahun 1963-1965. Dan saat ini karena kelangkaannya, keberadaan buku hasil buah pikir Presiden pertama RI ini barangkali mungkin anda juga belum sempat membacanya secara langsung.

Review buku ini diambil dari kompasiana
http://media.kompasiana.com

-----------------------------------------
Memang perlu diketahui bahwa keberadaan buku ini sangat langka, kalaupun toh ada harganya sangat menggunung. Baru saja saya mencari informasi buku ini di amazon.com harganya dibandrol sampai $222.00
namun anda tidak perlu merogoh kocek lebih untuk membaca sebuah buku semahal itu. Karena saya mempunyai soft copynya (Hasil scanning) entah siapa yang menyebarkan pertama kali, namun saya sangat berterimakasih akan kepedulianya untuk membagi buku ini secara gratis.


Dengan rasa bersyukur itu saya membagi juga kepada pengunjung blog ini. Agar dapat menjadikan manfaat dikemudian hari,

Berikut ini rincianya.

Judul : DIBAWAH BENDERA REVOLUSI (Jilid I)
Penulis : ir.Soekarno
Tebal : 624 Halaman
Bahasa : Indonesia
Teks : Hitam Putih
Format : Pdf (Open with Adobe Reader, Foxit Reader)
Link Download : Klik Disini

--------------------------------------------



Artikel Terkait:

Site search

    My Book Collection

    Link Exchange

    Copy kode di bawah masukan di blog anda, saya akan segera linkback kembali javascript:void(0) Suliswanto
    Flag Counter

    Follow This Blog

    Total Penayangan