Pegunungan Jaya Wijaya Papua

Posted by Suliwanto On 07.30 No comments
Pegunungan Jayawijaya adalah nama untuk deretan pegunungan yang terbentang memanjang di tengah provinsi Papua Barat dan Papua (Indonesia) hingga Papua Newguinea di Pulau Irian. Sebelum penyatuan Papua Barat ke Indonesia, pegunungan ini dikenal dengan nama Pegunungan Orange.

Deretan Pegunungan yang mempunyai beberapa puncak tertinggi di Indonesia ini terbentuk karena pengangkatan dasar laut ribuan tahun silam. Meski berada di ketinggian 4.800 mdpl, fosil kerang laut, misalnya, dapat dilihat pada batuan gamping dan klastik yang terdapat di Pegunungan Jayawijaya. Karena itu, selain menjadi surganya para pendaki, Pegunungan Jayawijaya juga menjadi surganya para peneliti geologi dunia.

Pegunungan Jayawijaya juga merupakan satu-satunya pegunungan dan gunung di Indonesia yang memiliki puncak yang tertutup oleh salju abadi. Meskipun tidak seluruh puncak dari gugusan Pegunungan Jayawijaya yang memiliki salju. Salju yang dimiliki oleh beberapa puncak bahkan saat ini sudah hilang karena perubahan cuaca secara global.

Sejarah terbentuknya Pegunungan Jayawijaya
-----------------------------------------------------------------------
Menurut teori geologi, awalnya dunia hanya memiliki sebuah benua yang bernama Pangea pada 250 juta tahun lalu. Benua Pangea pecah menjadi dua dengan membentuk benua Laurasia dan benua Eurasia. Benua Eurasia pecah kembali menjadi benua Gonwana yang di kemudian hari akan menjadi daratan Amerika Selatan, Afrika, India, dan Australia.

Pengendapan yang sangat intensif terjadi di benua Australia, ditambah terjadinya tumbukan lempeng antara lempeng Indo-Pasifik dengan Indo-Australia di dasar laut. Tumbukan lempeng ini menghasilkan busur pulau, yang juga menjadi cikal bakal dari pulau dan pegunungan di Papua.

Akibat proses pengangkatan yang terus-menerus, sedimentasi dan disertai kejadian tektonik bawah laut, dalam kurun waktu jutaan tahun menghasilkan pegunungan tinggi seperti yang bisa dilihat saat ini.

Bukti bahwa Pulau Papua beserta pegunungan tingginya pernah menjadi bagian dari dasar laut yang dalam dapat dilihat dari fosil yang tertinggal di bebatuan Jayawijaya.

Puncak-Puncak Jaya Wijaya

-----------------------------------------------------------------------
Ada beberapa puncak yang terkenal di pegunungan Jaya Wijaya ini antara lain :

Puncak Jaya:

Puncak Jaya



Puncak Jaya ialah sebuah puncak yang menjadi bagian dari Barisan Sudirman yang terdapat di provinsi Papua, Indonesia. Puncak Jaya mempunyai ketinggian 4884 m dan di sekitarnya terdapat gletser Carstenz, satu-satunya gletser tropika di Indonesia, yang kemungkinan besar segera akan lenyap akibat pemanasan global.

Puncak ini pernah dinamai Poentjak Soekarno dan merupakan gunung yang tertinggi di Oceania. Puncak Jaya adalah salah satu dari tujuh puncak dunia.

Nama-nama/ejaan lain:

~ Nemangkawi
~ Ngga Pulu ("Ngga" berarti gunung)
~ Gunung Carstensz
~ Piramida Carstensz
~ Puncak Carstensz
~ Puncak Jayadikesuma
~ Puncak Piramida Carstensz
~ Ndugundugu

Puncak Mandala:

Puncak Mandala


Puncak Mandala (pada masa penjajahan Belanda dikenal sebagai Julianatop atau Puncak Juliana) adalah salah satu gunung di Papua, Indonesia. Dengan ketinggian 4.760 m, Puncak Mandala adalah gunung tertinggi ke-2 di Indonesia setelah Puncak Jaya. Puncak Mandala membentuk bagian Pegunungan Bintang bagian timur dan berada dekat perbatasan Papua Nugini.



Puncak Trikora:

Puncak Trikora


Puncak Trikora atau Ettiakup merupakan sebuah gunung yang terdapat di Papua Barat, Indonesia. Puncak Trikora mempunyai ketinggian setinggi 4,751 meter, menjadikannya gunung tertinggi ketiga di Indonesia setelah Puncak Jaya dan Puncak Mandala. Puncak Trikora mempunyai kawasan hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montane, dan Hutan Ericaceous atau hutan gunung. Di zaman pemerintahan Belanda gunung ini dikenal dengan nama Wilhelminatop (Puncak Wilhelmina).




Pendakian Pegunungan Jayawijaya
-----------------------------------------------------------------------
Mendaki Pegunungan Jayawijaya merupakan impian para pendaki gunung dunia. Dengan Medan bebatuan yang terjal diselimuti salju licin dan hawa dingin yang sangat ekstrim memberikan tantangan tersendiri bagi mereka yang menyukai kegiatan mountain climbing. Untuk mendaki satu-satunya gunung bersalju di Indonesia ini, tentu saja selain perlengkapan mendaki, anda juga memerlukan berbagai peralatan dan perlengkapan yang wajar digunakan oleh orang-orang yang tinggal di kawasan sekitar kutub utara.


Pendakian Jayawijaya


Pendakian di mulai dari kota Tembagapura (2500 mdpl), dilanjutkan menggunakan kereta gantung (trem) menuju  kawasan Gressberg (3500 mdpl) selama lebih kurang 10 menit. Setelah turun dari trem, Anda bisa menggunakan bus nuju Zebra Wall (3800 mdpl). Dari Zebra Wall inilah awal pendakian menuju flaying camp di danau Biru (3900 mdpl). Di danau Biru Anda bisa mendirikan tenda dan bermalam, ini dilakukan agar tubuh Anda menyesuaikan dengan ketinggian yg berkadar oksigen lebih tipis. Idealnya setiap naik 100 meter, harus bermalam satu malam begitu seterusnya. Hal ini dimaksudkan agar tubuh bisa menyesuaikan dengan kadar oksigen yang semakin menipis di ketinggian.


Base Camp Danau Biru


Dari base camp Danau Biru, Anda akan melanjutkan perjalanan menuju base camp Lembah Danau-Danau (4200 mdpl). Membutuhkan waktu sekitar lima jam, Anda harus melawati track menanjak di Pintu Angin yang merupakan salah satu trek terberat, selain menanjak curam juga tidak mudah berjalan karena krikil dan batu yang mudah lepas. Dinamakan Pintu Angin, karena jalur ini membelah dinding batu raksasa menjulang tinggi di kiri kanan jalur. Sehingga angin masuk dari celah bebatuan ini melewati kami. Pada ketinggian ini, dengan medan yang menanjak curam, suhu dingin yang ekstrim dan tipisnya oksigen, Anda bisa terserang mountain sickness. Bila lelah, istirahat sejenak dan minumlah air putih.

Ekspedisi Jayawijaya


Lembah Danau-Danau merupakan base camp induk berbagai tim ekspedisi ke Pegunungan Jayawijaya, karena lokasi yang strategis dan tepat di tengah bila hendak menggapai beberapa puncak di pegunungan ini seperti puncak Cartenzs Pyramide, puncak Cartenzs Timur, puncak Sumatri Brojonegoro dan puncak lainnya. Anda bisa mendirikan tenda dan bermalam di sini.

Dari Lembah Danau-Danau, relanjutnya anda bisa memilih menuju base camp Gletser Puncak Jaya. Track akan semakin sulit karena Anda harus mendaki jalur krikil dan batu yang licin, bila tidak hati-hati bisa tergelincir dan terjun bebas ke jurang. Di sini Anda akan menemukan hamparan salju putih bersih. Es yang selama ini hanya bisa dilihat di kulkas, kali ini akanterpampang dihadapan Anda, menggunung.


Sampai di Puncak Jaya

Untuk mencapai puncak Jaya, dari Gletser Puncak Jaya anda harus mendaki tebing setinggi 70 meter. Dan pada akhirnya rasa lelah dan perjuangan Anda selama beberapa hari pendakian terbayar sudah. Anda telah tiba di puncak Jaya, puncak tertinggi di nusantara.


Sumber:
#Id.Wikipedia


Artikel Terkait:

0 comments:

Posting Komentar

Berikan Tanggapan Anda Disini..

Site search

    My Book Collection

    Link Exchange

    Copy kode di bawah masukan di blog anda, saya akan segera linkback kembali javascript:void(0) Suliswanto
    Flag Counter

    Follow This Blog

    Total Penayangan