Gembira Loka, Jogjakarta

Posted by Suliwanto On 02.30


Taman Gembira Loka yang sudah tertata rapi

Siapa sih yang belum pernah ke kebun binatang? Ya, kebun binatang memang mengingatkan akan masa kecil kita di mana sampai saat ini kebun binatang memang dijadikan sebagai wisata favorit keluarga. Gembira Loka adalah satu-satunya kebun binatang di Jogja yang terletak di daerah Gedong Kuning, kurang lebih 30 menit dari pusat kota Jogja. Akses menuju Gembira Loka sangat mudah dengan angkutan kota dan kendaraan. Kebun Binatang ini memiliki bermacam-macam spesies hewan dari berbagai belahan dunia seperti, orang utan, gajah asia, simpanse, harimau dan masih banyak lainnya. Sehingga gembira Loka ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan Jogja.

Ditilik dari sejarahnya Loka artinya tempat, gembira ya gembira. Syahdan, hampir setengah abad yang lalu Sri Sultan Hamengku Buwono IX mewujudkan keinginan pendahulunya untuk mengembangkan ‘Bonraja’ tempat memelihara satwa kelangenan raja menjadi suatu kebon binatang publik. Maka didirikanlah Gembira Loka diatas lahan seluas 20 ha yang separonya berupa hutan lindung. Disitu terdapat lebih dari 100 spesies satwa diantaranya 61 spesies flora.


Gembira Loka ini sempat mengalami kerusakan parah akibat gempa bumi yang mengguncang Jogja tahun 2006 lalu. Namun pengelola segera melakukan renovasi sehingga para wisatawan pun banyak berdatangan kembali. Sejak tahun 2010 pengelola Gembira Loka mealukan renovasi besar-besaran. Di mulai dari renovasi perbaikan kandang-kandang hewan, pengadaan permainan wahana air seperti skuter air, kapal kataraman, kano engkol, sepeda air, perahu senggol, perahu kayuh, perahu boat, dan banana boat. Bahkan setiap hari pada jam 11.00 dan 13.00 WIB diadakan pertunjukan satwa lucu yang semakin menarik pengunjung.


wahana perahu boat

sampai pada tahun 2012 ini sedang dilakukan proses pembangunan taman burung sedangkan taman reptil dan amphibi sudah memasuki sentuhan tahap akhir. Beberapa pedagang asongan pun ditertibkan agar terkesan rapi dan bersih. Semenjak saat itu Gembira Loka dikunjungi lebih banyak wisatawan. Akhir-akhir ini, dikabarkan bahwa Gembira Loka sedang mengadakan kesepakatan dengan Singapore Zoo untuk pertukaran hewan, yakni 6 ekor Pinguin Jackass. Gembira Lokaselalu berusaha memberikan yang terbaik demi kenyamanan pengunjung serta kelestarian alam. Beberapa kali didengar bahwa gajah melahirkan, burung kakatua menetaskan telurnya, serta kuda pacu melahirkan anaknya.
______________________________________________________________________________________
Tiket Masuk Kebun Binatang Gembira Loka:

Senin – Sabtu: Rp 15.000

Minggu & hari libur: Rp 20.000

Tiket Wahana Permainan:

Skuter air, ATV, perahu senggol, perahu boat, perahu banana “Orca”, terapi ikan: Rp 20.000

Perahu kayuh: Rp 15.000

Kapal kataraman, gajah tunggang, onta tunggang, kolam tangkap: Rp 10.000

Kano engkol, kereta mini: Rp 5.000
______________________________________________________________________________________

#backpackology.me


Artikel Terkait:

Site search

    My Book Collection

    Link Exchange

    Copy kode di bawah masukan di blog anda, saya akan segera linkback kembali javascript:void(0) Suliswanto
    Flag Counter

    Follow This Blog

    Total Penayangan