Tidur Dapat Membersihkan Racun Otak

Posted by Suliwanto On 08.14 No comments
Tahukah Anda tidur dapat membersihkan racun dan penyakit dari otak? Itulah hasil penelitian dari Pusat Medis University of Rochester Medical Center (URMMC).

"Fungsi restoratif dari tidur sepertinya merupakan hasil dari pembersihan aktif sisa-sisa aktivitas syaraf yang terakumulasi selama bangun," ujar Maiken Nedergaard yang memimpin penelitian tersebut.

Menurutnya, saat tidur, otak melakukan lebih dari sekadar mengisi ulang untuk esok hari. Otak juga melakukan pembersihan selama tidur.

Peneliti mengatakan studi tersebut mengungkapkan bahwa metode unik pembersihan sampah yang dilakukan otak -- disebut sistem glimfatik -- sangat aktif saat tidur. Proses itu membuang racun-racun yang menyebabkan penyakit Alzheimer dan kelainan syaraf lainnya.

Selain itu, para peneliti juga menemukan bahwa saat tidur, sel-sel otak mengecil ukurannya, membuat sampah dapat dibuang dengan lebih efektif.

Menggunakan miskroskop dua-foton untuk menyelidiki otak tikus, para peneliti menemukan apa yang mereka sebut "sistem pembuangan" yang menempel pada saluran-saluran darah otak dan memompa cairan tulang belakang otak (CSF) melalui jaringan otak, membuang sampah ke dalam sistem peredaran darah dan hati untuk disaring.

Para peneliti mengatakan karena pemompaan CSF memerlukan energi besar, barangkali memang lebih baik dilakukan saat otak tidak sedang sibuk memroses informasi selama waktu bangun.

Para ilmuwan ini juga menemukan bahwa otak "menciut" 60 persen saat tidur, sehingga cairan CSF dapat mengalir lebih bebas.

“Penemuan-penemuan ini memiliki implikasi signifikan bagi pengobatan penyakit 'otak kotor' seperti Alzheimer," ujar Nedergaard.

Memahami secara akurat bagaimana dan kapan otak mengaktifkan sistem glimfatik dan membersihkan sampah merupakan langkah kritis pertama dalam upaya memodulasi sistem ini dan membuatnya bekerja lebih efisien. Hasil penelitian diterbitkan dalam jurnal Science. (VOA)


Editor: Laela Badriyah
Sumber:


Artikel Terkait:

0 comments:

Posting Komentar

Berikan Tanggapan Anda Disini..

Site search

    My Book Collection

    Link Exchange

    Copy kode di bawah masukan di blog anda, saya akan segera linkback kembali javascript:void(0) Suliswanto
    Flag Counter

    Follow This Blog

    Total Penayangan